Usaha Kopi Rempah Dan Cara Mengawalinya

Sudah tak asing lagi, kebiasaan ngopi ini telah mengakar di orang-orang mulai dari kalangan ekonomi kecil sampai ekonomi atas. Semua kalangan masyarakat memang banyak yang ketagihan kopi, sehingga seperti akan ada yang kurang kalau melewatkan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi itu merupakan jenis minuman yang diolah dari pengolahan butir kopi. Biji kopi itu didapat dari tanaman kopi yang telah matang dan tua yang kemudian dikupas lalu dijemur dulu. Setelah tahapan penjemuran lanjut ke tahapan penyangraian kopi yang dimaksudkan untuk menciptakan rasa serta aroma kopi yang sangat enak. Mekanisme ini dilakukan dengan menggoreng kopi tidak menggunakan minyak, kemudian tahap gongseng selesai butir kopi bisa digiling agar mendapatkan bubuk kopi yang halus dan lembut. Bubuk kopi ini yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang mantap.

Indonesia merupakan negara yang menghasilkan kopi dengan jumlah sangat banyak di dunia. Oleh karena itu tak asing jika kopi dari Indonesia telah masyhur sampai mendunia. Satu-satunya jenis kopi yang memiliki peringkat nomor satu dengan mutu terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi ini didapat dari kotoran hewan luwak yang diperdagangkan dengan nominal harga sangat tinggi.

Ramainya pengidola kopi di Indonesia dapat memberikan sebuah peluang usaha kopi yang menggiurkan serta membanggakan. Produk yang jadi incaran serta kesukaan masyarakat tentu akan meraih keuntungan bisnis yang bagus bagi pengusaha usaha kopi. Di masyarakat Indonesia telah banyak bermunculan para pelaku bisnis kopi dari kedai kopi sederhana hingga kedai kopi modern. usaha kopi akan ramai dibanjiri para pembeli yang ingin bersantai atau berkumpul bersama sahabat, keluarga, kekasih dan lain-lain dengan menikmati secangkir kopi. Warung kopi menjadi tempat yang ramai dengan penggemar kopi dari waktu ke waktu tidak ada masalah musim panas maupun hujan. Inilah yang mengakibatkan ramai penjual bisnis kopi yang meraih keberhasilan dengan hasil penjualan yang tinggi.

Terpana untuk mengeluti bisnis kopi yang menggiurkan? Kesempatan berbisnis kopi akan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin menekuni langsung di bisnis tersebut. Bisnis ini simpel dilakukan tidak wajib memiliki kemampuan khusus dalam menjalankannya. Meracik kopi memang tidak rumit dan susah seperti meracik olahan bumbu masakan kuliner. Dengan kemudahan tahap peracikan kopi yang mudah menjadi magnet tersendiri untuk sejumlah kalangan untuk menerjuni usaha kopi.

Baca juga  Bisnis Franchise Steak di Jogja
Meracik kopi sendiri memiliki cara yang praktis dan populer yaitu dengan memberikan pemanis dan kopi lalu ditambah dengan air panas, kopipun telah jadi. Cara praktis Meracik kopi juga biasanya penggemar atau penikmat kopi di Indonesia ini membuat bisnis kopi peluang suatu usaha yang menguntungkan. Lantas bagaimana langkah memulai atau menjalankan usaha kopi ? Untuk menguasai usaha kopi ini Anda bisa memperhatikan hal-­hal berikut ini:

Mengawali Bisnis Kopi Rempah
Sedikitnya ada beberapa poin yang wajib Anda pikirkan untuk memulai usaha ini. Pelajari baik-baik dengan seksama.

1. Target Konsumen
Anda wajib mengkonsep masak-masak siapa target pelanggan Anda. Siapakah yang akan menjadi konsumen utama bisnis kopi ini. Berapa pendapatannya. Seperti apa mereka menikmati cita rasa suatu kopi. Golongan apakah mereka? Pelajar, karyawan, kaum borjuis, eksekutif kantoran, ataukah para penggemar kopi?

Mempelajari tingkah laku konsumen dapat membantu merancang teknik berikutnya. Misalnya tempat yang tepat, bentuk kode yang cocok, dan tarif yang pas untuk kopi Anda. Bila modal Anda kecil dan menarget konsumen kelas menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan sahabat atau partner bisnis yang ingin mendanai bisnis Anda.

Cara termudah mendapatkan investor adalah membawa surat tanah atau BPKB kita ke Bank. Namun ada cara lain yang paling mudah dan effisien. Berusahalah untuk mengikuti kegiatan-kegiatan lomba bisnis plan yang diselenggarakan oleh berbagai instansi. Contohnya Wirausaha muda mandiri. Jika menang, Anda akan mendapat pendanaan secara cuma-cuma.

2. Tempat Bisnis Kopi
Anda harus menentukan lokasi sangat ramai untuk membuka usaha kopi ini. Lokasi menjadi hal penting dalam hidup matinya bisnis Anda. Misalnya saja Anda ingin menggunakan motif warung kopi sederhana, jadi Anda harus mendapatkan lokasi yang selalu bersinggungan dengan khalayak ramai yang gampang ditemui.

Begitu pula bila Anda ingin merencanakan bisnis kopi dengan kafe. Ini dapat sangat menolong jika lokasi yang Anda temui adalah tempat yang berdekatan dengan kampus, swalayan, sekolah, kantor, dan lain-lain. Namun jika Anda lebih berniat untuk menyuguhkan lidah penggemar kopi di suatu lokasi yang santai, Anda bisa memilih lokasi di lokasi hiburan.

3. Menemukan Vendor
Ini adalah hal penting, yang sering diremehkan. Bila Anda menjual kopi untuk sasaran pembeli kelas menengah ke bawah. Anda tidak usah sulit mendapatkan vendor, di pasar banyak pedagang kopi dari langsung maupun tidak.

Baca juga  Melihat Peluang Bisnis Waroeng Steak and Shake
Berbeda halnya jikalau target Anda golongan menengah ke atas. Jika Anda ingin pendapatan puluhan juta perbulan, Anda wajib menyasar konsumen ini. Mereka rela membeli mahal, oleh sebab itu kalangan ini berhak mendapat kopi ternikmat sejagad raya.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-kopi-rempah/

Peluang Bisnis Crepes Murah dan Cara Pembuatannya

Crepes ini sendiri merupakan kudapan yang asalnya dari Eropa namun sudah tersebar ke seluruh negara di dunia. Jika dilihat dari segi bahasa, kata crepes berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Perancis, crispa. Jika dilihat selintas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk sebab ketika dihidangkan, adonan crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu.

Macam-macam Kue Crepes
Dari awal kemunculannya hingga sekarang, crepes dapat dikategorikan menjadi 2 macam. Jenis yang pertama ialah crepes manis. Seperti namanya, kue ini menggunakan tambahan bahan-bahan yang mempunyai rasa manis.

Adapun bahan isian yang kerap digunakan sebagai tambahan pada crepes manis adalah gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, sirup, dan masih banyak lagi. Karena rasanya manis, kue crepes jenis ini banyak digemari oleh kalangan anak-anak.

Sedangkan untuk jenis kue crepes kedua ialah crepes gurih/asin atau biasa disebut crepe salee. Sesuai namanya, kue crepes ini memiliki rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya berasal dari bahan-bahan seperti keju, jamur, bayam, telur dan masih banyak lagi.

Kue Cepres manis biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut (dessert), sedangkan untuk crepes asin sebagai hidangan pertama kalinya. Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan utama tepung gandum, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung Sarasin.

Sebagai salah satu kudapan yang sangat populer dan disukai oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, wajar jika kita bisa menemukan penjual kue crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, Anda tidak perlu membeli kue ini kalau hanya untuk dapat menikmati lezatnya crepes.

Anda dapat membuatnya sendiri di dapur Anda dengan mengikuti tutorial cara membuat kue crepes yang akan disajikan dibawah ini. Bahan-bahan yang diperlukan amat gampang didapat dan alat-alat yang dipergunakan juga pastinya sudah tersedia di rumah Anda.

Baca juga  Melihat Peluang Pada Bisnis Es Krim
Bahan-bahan Pembuatan Kue Crepes
1. 100 gram tepung gandum protein sedang
2. 150 mili liter susu cair. Anda dapat menggunakan susu sapi cair atau dapat juga menggunakan susu bubuk yang sudah Anda cairkan, sesuaikan dengan keinginan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di dapur Anda.
3. 1 butir telur ayam.
4. Mentega secukupnya (kurang lebih 1 sendok makan saja). Mentega yang ada dicairkan dahulu lalu disisihkan.
setengah sdt baking powder.

Bahan Isi Kue Crepes
Bahan yang digunakan untuk membuat crepes dapat Anda sesuaikan dengan kesukaan Anda misalnya buah pisang yang telah dipotong kecil-kecil, choco chip, meses, susu, selai coklat, keju atau bahan-bahan lain yang bisa dipergunakan sebagai isian secara terpisah atau dicampurkan untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Cara Membuat Kue Crepes
1. Kocok telur dan susu yang ada dengan menggunakan whisker sampai campurannya rata dan berbusa. Usahakan untuk mengocok hingga adonannya berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap lentur.

2. Masukkan tepung gandum sedikit demi sedikit. Sebaiknya Anda menuangkan tepung gandum sembari diayak agar tepungnya jatuh secara rata dan membuat proses pencampuran menjadi mudah. Aduk terus hingga merata.

3. Tuangkan baking powder ke dalam adonan tadi kemudian aduk lagi hingga merata.

4. Masukkan mentega yang telah dilelehkan sebelumnya, aduk lagi sampai merata.

5. Persiapkan wajan yang akan dipergunakan sebagai alat membuat crepes. Anda dapat mempergunakan wajan martabak atau wajan teflon yang telah ada. Panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.

6. Jika wajannya sudah panas, angkat dulu dari perapian, lalu masukkan satu sendok sayur adonan crepes, putar wajan hingga adonannya rata dan cukup tipis.

7. Kemudian letakkan lagi wajan di atas perapian. perlu diperhatikan untuk memasak kue crepes dengan menggunakan api kecil agar adonan kue crepes tidak gosong.

8. Sementara adonan masih di atas kompor, letakkan bahan isian di atasnya misal irisan pisang kemudian ditaburi keju parut dan meses.

Comments

Popular Posts