Melihat Sejenak Peluang Bisnis Restoran Rumahan Tanpa Modal

Entah itu penghasilan kecil yang bisa membantu perekonomian keluarga Anda dalam bentuk kebutuhan pokok atau bahkan dengan penghasilan yang besar yang dapat mencukupi segala keperluan sekunder semisal, sepeda motor, mobil dan lain-lain.

Dan salah satu usaha yang bisa memanfaatkan hobi Anda yaitu membuka bisnis restoran rumahan.

Usaha restoran rumahan memang menguntungkan dan menjanjikan, karena setiap orang tentu memerlukan makanan kan? jadi dapat Anda bayangkan sendiri bila makanan yang Anda jual di sukai oleh pembeli Anda.

Tantangan dalam bisnis restoran rumahan adalah bagaimana masakan yang Anda tawarkan bisa laku dan disenangi oleh konsumen.

Disinilah Anda wajib berpikir keras untuk mengembangkan suatu ide dan juga memerlukan kreatifitas yang tinggi supaya usaha restoran rumahan yang Anda jalankan menjadi salah satu restoran yang terenak dan yang paling populer di kota Anda.

Saat ini banyak restoran rumahan yang bermunculan di Indonesia, dari yang skala kecil hingga yang langsung berskala besar.

Banyak restoran yang dijalankan di daerah tertentu sampai mencapai kesuksesan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya.

Ada juga restoran yang berhasil dan berkembang yang dijalankan oleh artis atau tokoh ternama di Indonesia, seperti restoran Vidi Aldiano.

Usaha restoran juga bisa mencapai keberhasilan karena menu yang dijual sesuai dengan target konsumennya, yakni pecinta menu masakan tersebut, seperti restoran sea food.

Bisnis restoran rumahan, saat ini terasa semakin berkembang dalam dunia perdagangan.

Setiap manusia butuh makan, jadi tak heran, jika usaha restoran rumahan selalu tak ada matinya.

Sebab untuk mencukupi keperluan primer setiap orang.

Tetapi, untuk mengawali dan mengelola restoran juga tidak boleh sembarangan karena bisa jadi akan tutup di tengah jalan.

Baca juga  Usaha Etalase Jualan Kue yang Menjanjikan
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam bisnis restoran.

1. Menu Masakan

Menu masakan merupakan salah satu yang hal sangat penting dalam suatu usaha restoran, karena menu ini yang akan menentukan berhasil tidaknya suatu bisnis restoran.

Jadi jika Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran, maka alangkah lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang sekiranya paling laris dan populer di daerah Anda.

Anda juga dapat memilih menu masakan yang tidak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku

Bahan baku dapat didapat dengan melakukan kerja sama dengan supplier sayur-mayur dan sembako atau bisa langsung berbelanja ke pasar tradisional ataupun modern.

Pastikan kualitasnya baik karena akan berpengaruh terhadap rasa masakan.

3. Survey Pasar

Untuk dapat mengetahui keperluan pelanggan, survey pasar harus dilakukan.

Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain-lain.

Dengan demikian, Anda akan mempunyai gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style bisnis Anda.

4. Ciri Khas

Sebuah restoran pun harus memilki sebuah ciri khas supaya sang konsumen tidak sulit untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Contohnya Anda dapat menggunakan nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada masakan yang Anda tawarkan.

5. Lokasi Restoran

Lokasi adalah salah satu hal penentu dalam keberhasilan suatu bisnis restoran.

Jadi apabila Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran sebaiknya Anda pikirkan lokasi yang tepat dan strategis untuk usaha Anda. Yang jelas pilihlah tempat yang ramai pembeli.

Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka kemungkinan besar restoran Anda juga akan ramai.

6. Pelayanan

Pelayanan juga salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan suatu usaha restoran, sebab percuma jika pembeli ramai tapi pelayanan yang Anda berikan tidak memadai.

Hal ini akan dapat menyebabkan semakin lama restoran Anda tidak laku dan akhirnya gulung tikar.

Jadi jika Anda mau berhasil dalam menjalankan usaha restoran, sebaiknya Anda berikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan Anda.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-restoran-tanpa-modal/

Peluang Bisnis Permen Gulali


Gulali sendiri memiliki beraneka macam jenis. Jenis yang paling disukai dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Jenis selanjutnya adalah gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali ini lebih berwarna karena para pedagang biasanya memberikan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini kadang juga bisa ditiup untuk menghasilkan bunyi seperti peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat menggunakan campuran tepung. Para penjual gulali ini biasanya menarik-narik adonan gulali ini sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mi atau seperti benang sutra.

Kebanyakan orang menamakan gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut nenek-nenek.

Jenis gulali yang keempat dibuat menggunakan sebuah alat khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat tadi dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan sebutan arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali yang disebutkan di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa

Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa atau gula merah. Konon, gulali ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai jenis gulali yang sering kita temui saat ini.

Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu kecil. Gulali dari gula merah ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir

Gulali jenis ini lebih berwarna karena para penjualnya biasa menambahkan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya menjadi lebih menarik jika dibentuk.

Gulali jenis ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukainya.

Dan bahkan, gulali ini kadang bisa ditiup sehingga dapat menghasilkan suara siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.

Baca juga  Bagaimana Cara Membuat Tepung Ebi Agar Harum dan Enak ?
Permen Gulali Rambut Nenek

Gulali ini terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para penjual biasanya menarik-narik adonan dasar gulali jenis ini sedemikian rupa hingga berbentuk mirip seperti mi atau benang sutra.

Kebanyakan orang menyebut gulali jenis ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut dari nenek-nenek, sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek.

Konon, orang Tiongkok sering menyebut gulali ini sebagai jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis

Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, nama mesinnya adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan sebutan gulali arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

· 1/2 kilogram gula jawa yang telah dihaluskan
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah yang dipotong kecil-kecil
· Tusukan sate
Cara Membuat

1. Masukkan gula jawa dan air ke dalam wajan kemudian aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, silakan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tadi menggunakan plastik kemudian masukkan ke dalam toples.

Resep Permen Gulali Gula Pasir

Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang

Alat-alat

· 1 centong kayu
· 1 sendok makan
· 1 wajan besar
Cara Membuat

1. Pertama masukkan gula pasir, kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya kedalam wajan. Aduk hingga rata menggunakan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti hingga 10-12 menit gulali matang.
2. Matikan kompor tetapi tetap mengaduk pelan-pelan.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
4. Lalu masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
5. Gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.
Resep Permen Gulali Rambut Nenek

Baca juga  Cara Membuat Popcorn Dengan Minyak Goreng
Bahan

· 500 gr gula pasir
· 125 ml air atau secukupnya
· Pewarna makanan
· Minyak goreng
· Tepung terigu secukupnya
Cara Membuat

1. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigunya kemudian aduk-aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tadi ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan hingga panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, Anda dapat membuat adonan gulalinya.
3. Sama seperti di atas, yakni campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam satu wajan. Setelah itu panaskan menggunakan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga mulai mengental.
4. Lalu tuangkan adonan tadi ke atas tepung terigu. Kemudian silakan tarik-tarik adonan tersebut hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Pada awalnya mungkin akan terasa tidak mudah namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang singkat.

Resep Permen Gulali Arum Manis

Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang'

Comments

Popular Posts