Beberapa Manfaat Sayur Emes Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dulu, malahan sebelum muncul ahli kesehatan yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur emes bagi kebugaran tubuh. Menurut banyak referensi, manusia jaman dahulu ternyata lebih banyak memakan tanaman herbal daripada daging, karena memang itulah makanan yang berlimpah ada di lingkungan tempat tinggal mereka. Sejalan dengan berkembangnya peradaban, budaya bertani pun akhirnya dikembangkan.

Seperti yang kita ketahui sayur mayur memang memiliki banyak mineral, serat dan vitamin, yang semuanya diperlukan untuk diet sehat. Studi para ahli juga menunjukkan, bahwa semakin banyak mengonsumsi sayur mayur, maka semakin besar potensi tubuh kita untuk melawan penyakit.

Makan sayur-sayuran merupakan suatu keharusan bagi yang mengetahui betapa pentingnya kesehatan, karena tidak semua sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita terdapat pada produk pangan hewani. Namun manusia juga harus mengonsumsi produk pangan hewani dengan alasan yang sama. Tubuh juga membutuhkan banyak asam lemak dan protein, dan ini yang banyak ditemukan dari sumber hewani. Bagaimanapun, tubuh kita butuh keselarasan supaya bisa melaksanakan fungsinya dengan lancar tanpa masalah.

Pentingkah manfaat sayur emes untuk kesehatan tubuh?

Banyak manfaatnya apabila Anda memenuhi pola diet sehat Anda dengan lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Berikut alasan bahwa mengonsumsi sayuran itu cukup penting:

1. Memiliki gizi yang tinggi tapi rendah lemak
Sayuran dan buah-buahan sama, keduanya rendah lemak tapi mengandung jumlah mineral dan vitamin yang tinggi. Semua jenis sayur mayur, seperti sayuran berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, vitamin B– kompleks, zat besi, beta– karoten, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

2. Sayuran sebagai sumber antioksidan
Sama halnya buah-buahan, sayuran juga memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Ia adalah zat yang berperan penting , terutama membantu menjaga tubuh Anda dari melindungi tubuh Anda dari penyakit, menyingkirkan oksidan dan meminimalisir resiko kanker.

Zat oksidan, atau juga sering disebut dengan radikal bebas, adalah molekul yang beracun dan merusak bio molekul dalam sel. Karena bersifat merusak (mengoksidasi) bio molekul sehat yang ada didalam sel, maka oksidan yang tak tertangani ini dapat mengakibatkan penyakit berat seperti kanker dan jantung.

Baca juga  Ini Dia Manfaat Sayur Capcay Untuk Kesehatan Tubuh
Zat oksidan atau radikal bebas akan semakin cepat menjadi banyak, oleh faktor lingkungan yang tinggi polutan. Dengan demikian, maka tubuh manusia memerlukan zat yang memiliki sifat antioksidan, yaitu sebagai lawan untuk mencegah zat pengacau yang disebut oksidan.

Jadi pentingnya buah-buahan dan sayuran ini karena keduanya adalah makanan yang banyak mengandung zat antioksidan , sehingga akan membuat kita jauh dari serangan penyakit.

2. Sumber Serat yang Tinggi
Sayuran memiliki banyak kandungan serat larut maupun serat tidak larut. Serat ini berguna untuk menyerap kandungan air berlebih dalam usus besar, menjaga kelembaban dalam kotoran, dan membantu pengeluaran feses dari tubuh.

3. Menghindari Kegemukan
Mayoritas jenis sayur mayur yang ada adalah sangat rendah lemak dan kalori. Daftar panjang sayur mayur yang memiliki kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti blonceng, pare, kubis, bayam, labu, sawi, terong, dll.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa makan-makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi bisa membantu tubuh tetap fit dan bebas penyakit. Jadi lebih banyak makan sayur mayur bisa membuat Anda tetap sehat, sekaligus menghindari dari kegemukan.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-sayur-emes/
https://ramesia.com/

Peluang Bisnis Keripik Jagung

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah, budaya, kisah, dan makanannya. Terlebih untuk soal makanan, wiih sudah nggak diragukan lagi, bisa dikatakan Indonesia itu surganya semua jenis makanan.

Mulai dari yang harganya selangit, sampai yang harganya, yaa cukup laah untuk kita-kita yang isi dompetnya sedikit. Malahan sebagian diantaranya, ada yang bisa sampai masuk ke dalam list makanan terenak yang ada di dunia loh.

Nah, salah satu diantaranya yang cukup terkenal dikalangan orang Indonesia adalah, keripik. Siapa yang tidak mengenal camilan bertekstur renyah yang satu ini? Mungkin yang belum tau masih bertanya-tanya, makanan apaan sih itu?

Keripik adalah salah satu camilan yang banyak disenangi dan di-favoritkan oleh hampir semua kalangan orang yang ada di Indonesia.

Apalagi kalau dilihat dari sisi kandungannya yang lumayan bergizi dan memiliki karbohidrat yang tinggi, yaa meskipun agak berkalori juga sii.

Tapi jangan salah ya, keripik juga mempunyai banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita lho. Selain itu, bahan dasar dari produksi kripik, biasanya juga menggunakan bahan-bahan dari hewan, buah-buahan, dan umbi-umbian. Salah satu contoh kripik yang paling banyak disenangi oleh mayarakat adalah, kripik jagung.

Di luar dari itu, buah jagung sendiri memiliki bermacam-macam khasiat yang baik untuk tubuh. Diantaranya adalah, bisa menurunkan berat badan, memperkuat sistem imunitas tubuh, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain memiliki beragam manfaat yang banyak, buah jagung juga mempunyai rasa yang cukup enak, apalagi kalau dijadikan keripik. Terlebih keripik jagung memang mempunyai rasa dan tingkat kerenyahan yang sangat disenangi oleh banyak orang.

Comments

Popular Posts