Rahasia Cara Membuat Kopi Ala Cafe


Bagi sebagian orang, minum secangkir kopi di pagi hari adalah cara terbaik untuk memulai aktivitas. Bahkan, bagi penyuka kopi, menikmati kopi bisa dilakukan kapan saja tanpa kenal waktu. Tak jarang, para coffee lover ini memiliki cara membuat kopi sendiri untuk menghasilkan cita rasa kopi yang paling pas di lidah.
Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Penikmat kopi tak mengenal usia, mulai dari remaja hingga dewasa, bahkan lansia. Bagi mereka, minum kopi sudah menjadi bagian rutinitas hidup sehari-hari yang pantang dilewatkan.

Menurut sejarahnya, kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia pada abad ke-9. Selanjutnya, kopi dibawa ke semenanjung Arab dan semakin berkembang pada abad ke-15. Dari Arab kemudian kopi semakin menyebar luas hingga ke Eropa dan Amerika, hingga akhirnya ke seluruh dunia. Seperti komoditas lainnya, kopi juga menyebar melalui perantaraan aktivitas perdagangan.
Pada mulanya, minuman kopi dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Biji kopi dipanggang di atas api atau disangrai, ditumbuk hingga halus, kemudian diseduh dengan air panas. Namun, kecintaan pada minuman berwarna hitam pekat ini melahirkan beragam cara dalam menyajikan kopi, mulai dari yang paling mudah hingga paling rumit.
Apa Itu Mesin Pembuat Kopi

Ragam Cara Membuat Kopi ala Cafe

Lahirnya aneka teknik membuat kopi ini tak lepas dari gaya hidup masyarakat. Untuk meracik kopi dengan tampilan, cita rasa, dan aroma yang berbeda, dibuatlah bermacam-macam mesin minuman pembuat kopi. Dengan bantuan alat ini, Anda bisa menciptakan kreasi kopi yang nikmat ala kafe layaknya seorang barista profesional.

Drip Method

Drip method atau kopi tetes ini merupakan salah satu teknik membuat kopi yang paling populer. Prosesnya yang sederhana dan efisien membuat teknik ini digunakan di semua kafe yang menjual minuman kopi. Cara ini juga biasa disebut Filter Method, karena salah satu proses yang dilakukan dalam membuat kopi adalah proses penyaringan.
Jika Anda menyukai kopi yang lembut tapi kaya rasa, Anda bisa mencoba teknik ini. Caranya, letakkan kertas saring di dalam corong yang dipasang di atas bejana kopi. Taruh bubuk kopi ke atas kertas saring, kenudian tuangkan air ke atasnya hingga air mengalir ke bejana kopi. Panaskan bejana untuk menyeduhnya dan kopi pun siap dinikmati.

Neapolitan Flip

Cara yang kedua ini hampir sama dengan metode drip. Pada teknik Neapolitan Flip, Anda juga membutuhkan alat penyaring. Bedanya, alat ini berbentuk dua buah bejana atau tabung yang disusun vertikal dan dilengkapi alat penyaring. Saringan ini berfungsi untuk memisahkan ampas dengan sari kopinya.

Comments

Popular Posts