Peluang Usaha Popcorn yang Menguntungkan

Apa itu popcorn? Popcorn adalah cemilan atau jajanan yang terbuat dari biji jagung yang dapat dimakan saat bersantai, menonton tv, maupun acara keluarga. Popcorn adalah makanan yang sangat diminati oleh anak kecil dan remaja yang sering dijual di dalam bioskop, taman bermain, pasar malam, kantin sekolah, maupun kampus atau juga tempat dimana banyak orang yang berkumpul. tempat seperti itulah yang jadi sasaran paling utama dalam menjual popcorn.

Bahan baku dari popcorn adalah jagung. Popcorn ialah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri dipakai agar popcorn jadi lebih gurih. Membuat popcorn tidaklah sulit hanya dengan mencapurkan 1 sendok makan mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 atau 3 sendok jagung ke dalam mesin popcorn. Dan dalam 2 menit popcorn yang gurih dan enak siap untuk disantap.

Modal yang Kita Butuhkan untuk Usaha Popcorn
Modal yang kita perlukan untuk menjalankan bisnis popcorn memang bisa dikatakan kecil dengan pertumbuhan profit yang cukup tinggi. Memulai usaha popcorn dapat dikatakan tidaklah sulit dengan kemudahan menemukan bahan pembuatan popcorn yang murah dan banyak ditemukan di minimarket. Bisnis popcorn juga menyuguhkan cara penyajian dengan inovasi-inovasi popcorn aneka rasa dari bumbu yang berbeda. Untuk menjalani usaha popcorn dengan cara yang tidak rumit Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pertama, buatlah perencanaan ketika akan mengawali usaha popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan cara memfokuskan jenis popcorn yang akan Anda buat, misalnya saja popcorn yang rendah lemak (low fat). Anda bisa menjelaskan secara umum mengenai jenis popcorn tersebut mulai dari rasanya, cara pengemasan unik yang dibutuhkan, pemilihan lokasi penjualan dan hal lainnya.

Baca juga  Cara Membuat Es Buah Campur
2. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn mulai dari mesin yang akan digunakan sampai peralatan pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn juga tidak termasuk makanan yang dapat mengancam kesehatan jika cara pengolahan maupun cara menyimpannya tetap terjaga kualitasnya. Untuk membuat popcorn yang memiliki mutu, kualitas dan kepercayaan yang baik dari konsumen tentu pastikan mendapatkan juga izin dari departemen kesehatan serta dengan sertifikat halal.

3. Jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda secara online atau dengan membungkusnya langsung kemudian ditawarkan kepada para supplier, tentu Anda harus melabeli produk dengan brand yang unik dan baik. Dan jangan lupa untuk menyertakan bahan pada kandungan popcorn yang kita buat, berat total produk, tanggal kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, izin dari badan usaha dan informasi produk lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn ke masyarakat umum dengan cara membidik sasaran yang tepat. Bisnis popcorn ini banyak sekali peminatnya serta tinggi akan permintaannya di masyarakat.
Setelah Anda mengetahui hal-hal yang penting untuk dikerjakan dalam usaha popcorn, Anda bisa langsung memulai usaha popcorn tersebut. Bahan baku dalam usaha popcorn ini memakai jagung dan mentega, popcorn tersebut diproduksi melalui cara memanaskan jagung dalam suhu yang cukup tinggi hingga mengembang. Penambahan mentega dibutuhkan sehingga menghasilkan rasa dan aroma popcorn yang lebih enak, gurih, dan nikmat. Selain bahan tadi biasanya ketika membuat popcorn juga bisa menggunakan pewarna alami dan gula untuk membuat popcorn menjadi manis.

Resep dan Cara Membuat Popcorn

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
· Biji jagung untuk popcorn
· Mentega
· Panci (dapat diganti menggunakan wajan besar)
· Gula bubuk

Sumber : https://ramesia.com/peluang-usaha-popcorn-yang-menguntungkan/
https://ramesia.com/

Usaha Makanan Ringan Dengan Modal Sedikit


Usaha makanan ringan dapat menjadi pilihan bisnis yang pas untuk Anda jalankan. Makanan ringan atau camilan kelihatan sekali telah menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Dan masih banyak masyarakat yang ingin menggeluti bisnis ini.

Usaha makanan ringan juga menjadi bisnis yang sangat potensial ke depannya. Karena makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat ketika bersantai, menonton tv, begadang, nonton bioskop, belajar atau ketika mengerjakan aktivitas yang lain. Akan tetapi jika Anda hanya melihat saja tanpa melakukan tindakan memang akan meragukan. Oleh sebab itu Anda mesti mencoba dan memulai usaha tersebut sebagai salah satu bisnis Anda.

Kunci Keberhasilan Seorang Pemula dalam Usaha Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan memerlukan keuletan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pebisnis makanan ringan yang berhasil adalah pebisnis yang telah lama berdagang dan sudah memiliki pelanggan tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dipasarkan begitu inovatif dan memiliki rasa yang sedap karena kunci utama bagi para perintis bisnis makanan ringan ialah inovatif dan kreatif. Terdapat banyak hal yang bisa memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seorang perintis bisnis makanan ringan, antara lain sebagai berikut:

Baca juga  Cara Menggiling Daging Bebek yang Baik dan Benar
a) Makanan Ringan Anda Memiliki Kualitas Bagus

Makanan ringan yang akan dijual mesti mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan baku yang dipakai, segi pengolahan maupun dari segi pengemasan. Bahan baku yang dipakai haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat berbahaya. Cara pembuatannya harus sesuai prosedur, misalnya gorenglah camilan Anda dengan memakai minyak yang berkualitas dan diganti dengan teratur. Kemudian kemaslah camilan yang telah digoreng dengan memakai kemasan yang baik dan menarik.

b) Harus Mempunyai Banyak Inovasi Baik Dalam Produk Maupun Cara Pemasarannya

Pebisnis makanan ringan yang sukses ialah pebisnis yang selalu memiliki inovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk Anda lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Oleh sebab itu tidak jadi masalah produk yang dijual sudah banyak di pasaran, yang penting makanan ringan yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang telah banyak beredar.

c) Bangun Relationship dengan Customer Untuk Menjaga Loyalitas Mereka

Layani pelanggan Anda dengan sangat baik dan bijak, tanpa mempedulikan Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang bagus kepada pembeli Anda, dengan senyum dan sapa meskipun hanya sebatas basa-basi, sehingga membuat pembeli Anda dengan rela hati akan berkunjung kembali. Selain itu manfaatkanlah media sosial untuk mengiklankan makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan customer Anda, sebab hal ini akan memberi dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pembeli. Iklan dari teman ke teman terbukti sangat efektif untuk mendapat pelanggan baru serta meningkatkan penjualan.

d) Memiliki Strategi Pemasaran yang Bagus

Memiliki Strategi marketing yang bagus akan mempengaruhi keberhasilan usaha Anda ke depannya, oleh sebab itu, sebagai perintis usaha makanan ringan, Anda harus mampu membangun strategi penjualan yang bagus serta mampu membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan omset Anda. Seperti memberikan potongan harga, meningkatkan bobot makanan, atau dengan membagi-bagikan sampel produk secara gratis kepada orang-orang di sekitar area yang menjadi pangsa pasar.

Baca juga  Kesempatan Bagus Bisnis Es Batu Kristal
e) Visioner, Think Big, Think Positif

Mempunyai visi dan pikiran positif dalam jiwa dan pikiran pebisnis adalah suatu keharusan. Dalam menjalankan suatu bisnis dituntut melayani pembeli dengan baik. Dan pikiran yang jernih akan membuat Anda memiliki visi yang tajam. hindarilah pikiran sempit dan negatif sebab apa yang dipikirkan bisa menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu positive thinking.

Comments

Popular Posts